Wednesday, August 12, 2015

Saya Pulang Kampung #2

((decided to write the posts randomly, because the writer can't remember each stories with the actual date))


Kayaknya sebentar lagi akan gue sebut posts gue selama di Korea menjadi Saya Pulang Kampung Series, mengingat banyaknya nanti posts yang akan dipublikasikan.

Ya itu pun kalau saya tidak malas.



Kali ini gue mau cerita random aja nih. Jadi, 2 minggu pertama di Korea, masih dalam keadaan bulan puasa. Ini bukan pertama kalinya gue puasa di Korea, mengingat tahun 2013 sebelumnya pun gue berangkat sewaktu masih bulan puasa. But, it was 2 years ago. Jadi gue lupa - pake banget - feel puasa disana tuh kayak gimana.

Satu hal yang membuat gue memutar bola mata cukup sering adalah, gue menerima banyak sekali pertanyaan seperti ini,



Orang : Eh, berangkat tanggal berapa?


Gue : Tanggal 4 Juli.....


Orang : Oooh...puasa di sana dong?


Gue : Ya menurut lo  Hehe iya.


Orang : Kalau pulangnya tanggal berapa?


Gue : Tanggal 4 Agustus...


Orang : Sebulan?? Wah, lebaran di sana dong?


Gue : Ya menurut mz mb aja saya lebaran dimana Hehe iya nih.


Dan dialog seperti itu tidak cuma sekali terjadi, tapi berkali-kali. Maaf buat teman-teman gue di luar sana yang mungkin merasa sudah melemparkan pertanyaan tersebut, jangan tersinggung, tapi hal seperti ini memang patut dibahas di blog.


Lanjut.


Thanks to my super sensitive hearing, masalah sahur tidak menjadi kendala buat gue. Pasang alarm minimal 3, dari alarm pertama pun mata gue akan langsung terbuka lebar.

Sayangnya tidak dengan sebagian temen-temen gue.

Jadilah, role gue selama bulan puasa adalah sebagai yang membangunkan temen-temen gue buat sahur. Kira-kira urutannya gini :

Alarm bunyi (ringtone apapun saya oke, mau suara air mengalir atau kicauan burung, saya pasti terbangun. FYI aja.) --> Ngecek jam --> Ngechat di grup line, biasanya 'oy' atau 'udah pada bangun?' --> Nunggu semenit dua menit belum ada yang read juga --> Bangun dari tempat tidur --> Ngambil peralatan makan, lauk, nasi, kartu kamar --> Nunggu lift buat ke lantai 3 --> Ngetok pintu kamar Shaber --> Ada 2 option : Shaber langsung bukain pintu atau senior yang sekamar sama shaber yang bukain pintu --> Nunggu lift lagi buat ke lantai 6 --> Bangunin Kiky dan Muthi (2 option juga) --> Nunggu lift lagi buat angetin nasi dan lauk di lantai 4, karena microwave dan dispenser adanya di lantai 4 --> Selesai diangetin, nunggu lift lagi buat ke lantai 6 karena biasanya makan di kamar Kiky atau kalau masih sepi kita makan di lantai 4.


YAK begitulah kira-kira rutinitas gue setiap bulan puasa. Kalau ada yang berubah paling kalau udah gue chat terus udah ada yang bangun juga, ya gue paling cuma ke 1 lantai. Atau kalau semuanya udah pada bangun bisa langsung ketemuan di lantai 4.

Hal yang paling gue nanti-nantikan dari rutinitas tersebut adalah membangunkan Shaber. Kawan Cibubur gue yang satu itu, ternyata mempunyai reaksi yang cukup aneh terhadap berbagai hal, salah satunya tentu saja reaksi ketika dibangunkan.

Ketika gue sampai di lantai 3, gue ngetok kamar Shaber, gue inget, tumben-tumbenan yang bukain pintu itu senior yang sekamar sama Shaber, yaitu Kak Devy. Shaber, yang mengaku mempunyai pendengaran sensitif juga, ternyata masih terlelap di kasurnya. Tanpa merasa ga enak, gue pun membangunkan Shaber.


" Ber, Shaber, bangun Ber, sahur. " kata gue sambil mendorong-dorong bahunya.


Shaber ngulet-ngulet. 'Oh ini anak udah bangun' pikir gue. Gue pun berhenti dorong-dorong bahu Shaber.


" Hm? Loh? " Shaber ngomong masih dalam posisi tidur, selimutan sampe leher dan menghadap tembok, ngebelakangin gue, " Perasaan " diem, " Gue " diem lagi, " Belum nge-path? "


Kemudian hening.


1 detik...2 detik.....


" BAHAHAHAHAHAHAAHHAAHAHAHA APAAN SIH BER BAHAHAHAAHAHAHA LO MASIH TIDUR YA BAHAHAHAHAHAHAAHHAHAHAAHA APAAN SIH ANJRIT KOK NGE-PATH BAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAHA "


Beneran, sumpah, ga boong, gue ketawa kayak gitu. Gue inget perut gue sakit banget. Bahkan udah sampe lantai 4 aja, pas ngangetin nasi sama lauk gue masih ketawa-tawa. Kiky yang minta diceritain ada apa, ga begitu ketawa karena emang dia ga ngeliat kejadiannya langsung. Sumpah, kalau ngeliat langsung, itu kejadian lucu banget.


Masih tentang Shaber, kali ini ceritanya pas mau buka puasa. Karena kita bawa beras dari Indonesia, jadi yang masak nasi ganti-gantian, dan waktu itu lagi giliran Shaber.

Gue waktu itu lagi main ke kamarnya, dan dia juga udah selesai nyuci berasnya. Dan beras itu dia taruh di kaki tempat tidur. Gue inget kita ngobrol-ngobrol sebentar, terus Shaber mau berdiri karena mau ambil apaa gitu.

Ada waktu 1 detik yang terasa panjang dimana gue sebenernya melihat apa yang akan terjadi.


Shaber nurunin 1 kaki duluan......



....di atas tempat makan yang isinya beras yang udah dia cuci.

Maka kejadian ter-random 2015 selama gue hidup pun terjadi di kamar Shaber, karena dia menginjak beras.


MENGINJAK BERAS.


BERASNYA TUMPAH KEMANA-MANA. BERCECERAN.


Dan gue kembali tertawa terbahak-bahak.


Oh, dan kalian pasti ga akan ngira kalau gue mengabadikan kejadian super random ini.



Why oh why Shabrina?


Dan kita tetep makan tuh nasi; setelah dicuci lagi tentunya. Tapi tetep aja, bayangan beras-ini-habis-diinjek-Shabrina masih terbayang-bayang selama gue makan.



Kalau inget bulan puasa kemaren di Korea rasanya kangen banget. Kangen bangunin temen-temen jam 2 pagi. Kangen masak beras buat buka puasa jam 8 malem. Paling sekali atau 2 kali seminggu aja kita buka puasa di luar.

Ada restoran lumayan deket dari asrama bahagia, namanya 우리 두리 (baca : uri duri). Restoran ini menurut gue suasanya cukup enak, kalau rame ga pernah yang sampe rame banget jadi ga pernah berisik. Penjualnya pun baik. Restoran ini rekomendasi dari senior gue yang udah lumayan lama kuliah di Kyunghee. 

Restoran ini terus-terusan jadi bahan inside joke gue Kiky dan Shaber. Gue menyebut tempat ini sebagai tempat kerja part-time gue nanti saking seringnya  (ga sering juga sih) dan senengnya perasaan gue kita ketika makan di tempat ini.

Restoran ini jualan makanan lumayan macem-macem, tapi yang selalu kita pesen adalah 볶음밥 yang artinya nasi goreng.

Bedanya dengan nasi goreng abang-abang lewat di Indonesia atau di tempat manapun yang pernah gue liat, nasi goreng yang dia jual itu dicampur jadi satu. Misalnya, gue pesen nasi goreng ayam, temen gue yang lain pesen nasi goreng udang atau daging, nantinya semua itu bakal dicampur jadi satu dalam 1 wadah hot pot besar.


Sebelum diserang


Penyerangan dimulai!


Setelah diserang

Dan ada tempat makan kecil, masih deket Kyunghee juga, yang jadi favorit gue, Kiky dan Shaber. Tempat makan ini dapet rekomendasi dari temen Koreanya Kiky dan Muthi.

Tempat makannya keciiil banget, tapi cozy dan makanannya menurut gue unik.

HUHU KANGEN BANGET SAMA TEMPAT MAKAN INI KARENA ENAAAAK DAN YANG JUAL PUN BAPAK-BAPAKNYA BAIK. Kita menyebutnya 'bapak murah' karena harga-harganya buat ukuran Korea itu MURAH PAKE BANGET.

Harganya berawal dari 2000won ke atas, tapi ga ada yang lebih dari 10.000won. POKOKNYA ENAK DEH.



PARAH INI ENAK BANGET


PARAH YANG INI JUGA ENAK BANGET


Dan rekor makanan termahal gue selama di Korea adalah.....



Say goodbye to 9000won dalam dompet.


HAIL TO MR. BANANA MILK!!!


And of course, who wouldn't miss South Korea's banana milk....walaupun sekarang harganya naik.



- masih terus bersambung -

See previous posts :

0 Words from....:

Post a Comment