Friday, April 18, 2014

Foods Explorer

Ke negara orang jelas wajib banget nyobain makanan khas sana. Tapi karena gue pergi ke Korea, yang notabene banyak sekali makanan non-halalnya, harus hati-hati banget pilih makanan.


Pengen banget nyobain makanan korea dengan khas side dish nya yang banyak banget itu. Tapi yaa...karena sekali lagi takut, akhirnya gue hanya nyobain makanan yang dirasa cukup aman aja u.u



Makanan pertama (atau minuman lebih tepatnya) yang ada di pikiran gue begitu menginjakkan kaki di Incheon Airport adalah...



BANANA MILK.


Atau dalam Bahasa Koreanya Banana Uyu (please read it "uyu", not "unyu").



Dan untung sekali hostel gue sangatlah dekat dengan 7-11.








Yang dibawa ke Indonesia, titipan temen.


Dan gue yang kayak baru tau ternyata tuh Banana Uyu ada banyak variasinya. Selama ini yang gue tau cuma ada warna hijau. Eeeh pas ke 7-11, ngeliat ternyata macem-macem warnanya, ada biru, oranye, pink.


Ga sempet nyobain yang pink (yang gue asumsikan rasanya pasti strawberry. Tapi habis itu yang kayak berpikir ulang, ini susu udah rasa pisang rasa strawberry juga?) tapi menurut gue juga yang warnanya biru dan oranye sama aja kayak yang original warna hijau, hmm....



Terus ketika suatu hari gue merhatiin banyak banget orang-orang di subway yang minum susu kotak gitu. Kotaknya yang pendek gitu bukan kotak panjang kayak susu Ultra Milk Indonesia.



Kepo kan tuh yaa, terus yaudah beli.



Gue kasih tau aja ya. Ini susu kalau dirupiahin waktu itu harganya Rp 12.000



DUA BELAS RIBU RUPIAH.



Emang kayak gimana sih susunya? Kotaknya dari kotak kayu ya? Susunya asli dari sapi gitu langsung perasan? Ga pake bahan pengawet kali ya?



No dude, susunya so simple kayak begini




"Hai, aku susu 12ribu. Salam kenal."

Rasanya sih ga jauh beda sama susu Milo. Enakan Milo malah.




Next!



Beberapa hari kemudia udah ngidam banget sama yang namanya Tteoppoki atau kalau diartikan itu kalau ga salah kue beras.



Sampai pada suatu hari nyokap ngajakin makan di tempat makan yang Korea bangetlah. Yang sederhana itu, yang suka ada di drama-drama, yang ada di pinggir jalan. Tapi ini tempatnya tetep enak.



Dengan kesotoyan level dewa, gue yang dalem hati langsung semangat, "Wah, lumayan nih nyoba ngomong pake Bahasa korea"



Yowes tuh masuk ke dalem, langsung diarahin duduk buat 2 orang terus langsung dikasih 2 gelas kecil sama air di botol aqua GEDE BANGET. Yang seliter itu. Habis itu dikasih menu.




Dari luar. Banyak makanan dipajang.




Bahasa Korea semua.




Damn, dude.




Perlu diketahui bahwa gue sebenernya sudah mahir membaca huruf Hangeul, tapi artinya sih ya tetep teu ngartos.



Setelah membaca pelan-pelan dengan seksama setiap makanan, akhirnya gue beli Bibimbap 1. Iya cuma 1 soalnya pas nyokap liat harganya, langsung ngomong, "Hah, Neng udah kita beli 1 aja, berdua makannya." Ya ngertilahya kaliaaaaaan




Begitu Ahjumma nya datengin kita terus nanya mau pesen apa (jangan tanya darimana gue ngerti dia nanya apa, YANG PASTI dia nanya pesenan kan? masa iya nomor hp) gue sekalian iseng-iseng nanya, "Ehm..Tteopoki isseoyo? (Ada Tteoppoki ga?) "



HAHAHA KENAPA SIH YA GUE YANG DISITU LANGSUNG EXCITED SENDIRI DALAM HATI KAYAK HAH BARUSAN GUE NGOMONG KOREA SAMA ORANG KOREA BENERAN



Terus ya Ahjumma langsung jawab, "Oh Ttteoppoki? Ne, isseo isseo...fjeifhehfefjwjfdkndw8535824 (Oh, Tteoppoki? Iya ada ada, SISANYA GUE GA NGERTI) "



Tapi tuh ahjumma ngomong sambil ngangkat tangan bentuk angka 1, jadi gue asumsikan sih dia nanya mau pesen berapa. Gue pun ikut ngangkat tangan membentuk angka 1 sambil ngomong, "Ne..hana.." BERSYUKUR KARENA TAU APA ITU 1 DALAM BAHASA KOREA.



Habis itu nunggu nunggu....



Dan......



JENG JENG









Gue yang ngeliat langsung bengong terus kayak HAH INI KOK GEDE BANGET TTEOPPOKI NYA PERASAAN DI VARIETY SHOW SAMA DRAMA KOREA KECIL DAH?!



Habis itu Bibimbap nya dateng. Bibimbap itu kayak semacam nasi campur? Jadi isinya macem-macem, kebanyakan sih sayur, pake telor (bisa mateng/setengah mateng) sama kayak semacam saus gitu terus diaduk-aduk.





Bibimbap. Setelah diaduk dengan semangat.



Maafin wajah. Keliatan capek.


"Ah, mantap....."


Habis itu ketemu sama orang Indonesia sekeluarga yang makan disitu juga. Yaudah nyokap karena ngerasa seneng akhirnya ketemu sama orang yang bisa memakai bahasa yang sama dengan beliau, menghabiskan waktu buat ngobrol-ngobrol.




Setelah-setelahnya, gue kembali ngidam Tteoppoki dan Bibimbap. Asal kalian tahu, ah Bibimbap itu rasanya enak sekali ah.....



Kalau Tteoppoki gue mencari dari tempat yang lain karena jujur aja Tteoppoki yang gede-gede itu rasanya kurang pedes.




So finally....






Bough at Myeongdong underground.


This one, my friends, Kimbap. 



THE REAL KIMBAP IS SO DELICIOUS IT HURTS.




Bibimbap yang ini juga enak. AH SEMUA ENAK









Actually, gue makan Tteoppoki 3 kali. Yang ketiga kalinya nyobain makan di stall-stall pinggir jalan yang makannya makan di tempat gitu sambil berdiri. DAN MENURUT GUE ITULAH RASA TTEOPPOKI SEJATI. PLUS HARGANYA LEBIH MURAH. Jadi gue saranin yang mau beli Tteoppoki di Korea belilah di pinggir jalan Hongdae. MURAH DAN ENAK.



Oh, dan jangan kaget kalau dikasih minumnya bukan air putih. TAPI KUAH SOP. LMAO 











Kalau mau gaul itu harus maksimal. Mampir dulu ke Starbucks Korea.


0 Words from....:

Post a Comment