Saturday, December 13, 2014

Keahlian Baru

Ya ampun ga kerasa udah 2 bulan yang lalu gue nulis blog. Kemana aja ya gue selama tuh 2 bulan? Ya, gue pun bertanya-tanya apa aja yang udah gue lakuin selama 2 bulan itu sampai ga sempet nulis blog. Hmm....

Yang jelas sih bukan belajar di asrama.


Anyway by the way sunday,
sebelum gue menulis tentang hal-hal yang berbau serius dan bijak (seperti biasanya), gue mau memberikan prolog sedikit.

Engga, gak berkaitan sama post yang serius dan bijak nanti itu. Cuma...apa ya, pemanasan aja gitu.

Jadi, as you know seperti yang sudah sering gue jabarkan, ceritakan dan utarakan (ini bukan kalimat efektif. Jangan dicontoh), gue tinggal di asrama. Dan nyokap gue lah yang lebih memilih untuk datang nengok sekaligus nyuciin dan nyetrika baju.
Sebelum kalian nge-judge gue dengan kata-kata, "Ih, kok gitu sih nyuruh emaknya yang nyuci nyetrika, emang ga bisa sendiri apa??" Lemmeh tell you the truth.
Pertama,di awal-awal banget gue udah bilang ke nyokap kalau gue bakal nyuci sama nyetrika sendiri. Kata nyokap gue jangan. Pokoknya gue dilarang keras. Ga tau kenapa. Option kedua gue tawarin buat laundry aja yang per-kilo itu. Nyokap ngelarang lagi, katanya itu dicucinya bareng-bareng, takut ga higienis.
Kedua, jujur, gue emang pernah ga pernah nyuci baju sendiri sebelumnya, except you-know-what. Eh pernah deng sekali, dan itu susah banget, capek banget. Gue sampai ngerasa kayaknya berat gue sampe turun 2kg saking capeknya. Kalau nyetrika sih lumayan sering. 

Jadi ya gitu, mau gimana lagi. 

Nah, sama halnya dengan masak nasi.
Sumpah, seumur-umur ga pernah gue yang namanya megang rice cooker kecuali buat ngambil nasi kalau lagi makan. Selama gue hidup 18 tahun (Alhamdulillah) baru ketika masuk asramalah gue diajarkan buat masak nasi.

Ya, silahkan terkejutlah.


Dan alhamdulillah sampai sekarang udah lancar masak nasi. Dari yang awalnya gue bisa menghabiskan waktu 20 menit cuma buat nyuci beras, sekarang 20 menit aja mungkin udah sampai mateng nasinya.
Kan kalau masak nasi tuh pake air kan yaaaa, awal-awal tuh gue masih suka ukur tuh pake jari. Nah kesini-sini gue makin males, dan akhirnya pake feeling aja ukuran airnya. Karena menurut gue, gue doang ini yang makan, yaudah ya suka bodo amat kalau misalnya nasinya jadi lembek karena kelebihan air atau jadi kering keset (?) gimana gitu kalau airnya kurang.
Tapi Alhamdulillah sampai sekarang sih nasi yang gue masak selalu cocok sama lidah gue.

Sampai suatu hari nyokap dateng ke asrama, nyampenya malem tuh, nyokap gue laper, minta makan. Untungnya nasi yang gue masak masih ada, jadilah nyokap makan sama tuh nasi.

Baru sesuap.....

"Wah, nasinya enak!" kata nyokap gue.

Gue yang lagi asik nonton drama Taiwan (iya, Taiwan. Bukan Korea. Sekali lagi terkejutlah) masih kurang ngeh, dan cuma "Ha? Apaan?"

"Ini nasinya enak. Kayak ketan. Kamu pinter ya masak nasi." kata nyokap gue lagi.

Gue diem.

Gue bingung.

Sebenernya mau nanya ke nyokap, "Itu....pujian? Kayak ketan itu pujian?" cuma gue urungkan karena nyokap langsung lanjut makan dengan asik. Dalam keadaan drama Taiwan yang masih gue pause itu, gue mikir.

'Wah, nasi masakan gue dipuji nyokap. Apa ini termasuk keahlian baru yang patut gue masukan ke dalam list '101 Dikurangi 100 Keahlian Luar Biasa Andi Fariza Hediani' ?'


Sudah, pokoknya intinya gue seneng. Gue pinter masak nasi.

0 Words from....:

Post a Comment