Sunday, September 21, 2014

140918

Hari Kamis, tanggal 18 September 2014 harus dimark sebagai hari yang gak akan pernah terlupakan.

Kenapa?

Hmm..mari gue mulai cerita ini dengan memperkenalkan seseorang.


HAH INI SIAPA???

Namanya Maryam. Entah Maryam apa, gue juga ga tau nama lengkap nih anak. Jadi, si Maryam ini termasuk jajaran artis papan atas  teman-teman baru gue di prodi BKK. 

Awalnya anaknya tipikal yang pendiam-dan-dijauhi-dalam-kelas. Iya jahat emang deskripsi gue, tapi beneran deh. Makanya pas diawal-awal pun gue jarang ngobrol sama nih anak. Btw, maaf ya Maryam, fotomu kucuri dari Twitter.

Nah, sampai suatu hari karena ospek univ (OKK), gue tidak sengaja duduk di sebelah dia dan ngobrol. Dari situlah gue sadar bahwa Maryam sangatlah berbeda dari penampilan luarnya. Dia pinter ngomong. pinter dalam artian, komentarnya tajam. Dan anaknya ga se'kaku' yang gue kira selama ini. 

Waktu pun berlalu, gue sama Maryam makin deket gara-gara kita sekelas Bahasa Korea ditambah ngobrol-ngobrol santai sembari nunggu kelas. Ternyata yaaa ternyata, Maryam ini orangnya 11-11,5 sekali dengan gue! Kita sama-sama suka Archie (tanpa sadar kehadiran satu sama lain, kita bahkan nonton konser Archie bareng juga waktu itu!), dulu ikut teater, aliran musik kita sama, hobi kita sama, Lebih milih perpus daripada nongkrong ga jelas, dll masih banyak lagi kesamaan kita. Dari situ judge gue ke Maryam bener-bener berubah. Ya kayak post yang waktu itu aja. Don't judge a book by its cover sekali lagi gue buktikan di sini.

Salah satu kesamaan kita adalah, kita sama-sama mau ikut oprec staff macem-macem karena dulu pas smp dan sma kita pasif. Dan sejak itu kalau ada oprec apa-apa di univ pasti gue kabarin dia, dan dia kabarin gue, terus kita daftar bareng.

Termasuk oprec BKUI15.








Kita daftar oprec ini mepet-mepet hari emang, karena dari kemaren gue mau daftar web nya error terus. Padahal salah satu syarat daftar, pas wawancara bawa form yang udah diprint.

Tapi H-2 akhirnya webnya bener dan kita daftar.



VOILA!!



Kebetulan hari H wawancara, siangnya gue juga udah wawancara oprec buat UI ART WAR. Dan itu wawancaranya semelekebeh (baca: gampang), jadi gue udah pede aja, 'Ah pasti wawancara BKUI juga ga jauh-jauh banget dari yang tadi siang.' Jadwal wawancaranya jam 17.30. Tapi gue ada kelas teater dulu sampai jam 17.00. Habis itu baru deh kita caw.

Sengaja gue memilih rute yang melewati jembatan teksas menuju teknik, karena tempat wawancaranya di Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa). Dan itu lebih deket kalau lewat teknik. Beuh lewat teknik itu ya, segeeeeeeeeeeeeer. Nengok kanan, ada cowok. Nengok kiri, ada cowok. Lurus ada cowok. Belakang ada cowok.

Dimana-mana banyak cowok.

Beda banget sama FIB, yang sejauh mata memandang ceweeeeeeeeeeeeek kebanyakan.

Jalan dari teknik ke Pusgiwa pun surprisingly ga begitu jauh. Nyampe Pusgiwa udah jam 17.42-an, dan ternyata YANG WAWANCARA MASIH BANYAK!!! Awalnya kita bingung harus duduk dimana, apa itu wawancaranya bebas atau per-divisi. Sampai kita ditanya sama salah satu kakaknya mau wawancara apa dan kita disuruh masuk ke dalam.

Di jadwal gue, pertama gue wawancara Keuangan, Bedah Fakultas dan Perlengkapan. Tapi hari itu ternyata wawancaranya bebas dan langsung dihabisin sekaligus. Ditambah ada wawancara umum juga. Jadi totalnya 4 sesi wawancara dalam 1 hari.

Gue mulai keringetan.

Pasalnya, wawancaranya ga sesuai dengan bayangan gue, yg wawancara massal gitu 1-3 orang dan ditanya bergiliran dan waktunya sebentar.

Gak.

Wawancaranya individu. Waktunya lama. Pertanyaannya susah.

Gue iseng-iseng kenalan dan nanya-nanya sama anak Vokasi yang lagi ngantri divisi Keuangan juga waktu itu. Dan ya, katanya emang lama dan lumayan susah pertanyaannya.

Gue nelen ludah.

Antri..antri...antri.....karena masih banyak yang antri buat divisi Keuangan, akhirnya gue disuruh wawancara umum dulu sama 2 orang kakak (langsung 2 orang bayangin!!). Kakak cewek dari ekonomi dan kakak cowok dari teknik (EHEM EHEM). Dan dari wawancara umum itu gue mengambil 1 kesimpulan cepat,


WAWANCARANYA SUSAH.


ASDHSAFGASFHIASHDOASIHFDUASHFDUIAS.


PAKE BANGET.


Kebanyakan ditanya seputar tujuan, motivasi, ekspetasi, gimana kalau ga sesuai ekspetasi sampai ke keahlian khusus!!

"Oke, nah sekarang, lo punya keahlian khusus apa nih?" tanya kakak teknik.

"Eh? Keahlian khusus?" gue bingung.

Diam.


Hening.


1 menit....2 menit.....


"Iya, kayak misalnya apa kek..lo bisa nge-dance gitu kayak suju" kata kakak ekonomi.

"Atau olahraga mungkin?" kakak teknik dengan baik hati memberi pencerahan.

"Ehm, kalau olahraga.....renang....." jawab gue dengan suara pelan.


Gue paham maksud pertanyaannya. Dan gue paham bahwa jawaban gue barusan sangatlah tidak masuk kategori keahlian khusus karena habis gue jawab itu pun wajah si kakak ekonomi berubah sepersekian detik yang kayak, 'Lah? Maksud keahlian khusus tuh bukan itu, ah yaudahlah kasian maba.' Yang setelahnya gue tanya Maryam apa jawaban dia, dan dia jawab "Gue ga punya keahlian khusus. Jadi gue jawab aja 'Ga punya kak'"


........


Hah ya tau gitu gue jujur juga.

Tapi...wawancara umum baru awalnya. Dan wawacara umum gak ada apa-apanya dibandingin sama wawancara Keuangan dan Bedah Fakultas (BF). GILAAA YAAAA WAWANCARA KEUANGAN TUH SUSAH ABIS HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

"Coba dong, kamu simulasiin kalau kamu jualan kayak gimana" kata kakaknya.

"Si...simulasiin kak?" gue berharap salah denger.

"Iya simulasiin."

Dan habis itu gue ngoceh-ngoceh sendiri kayak orang gila pura-pura jualan barang ke adek-adek nanti.

"NAH IYA ADEK-ADEK AYO INI DILIAT BINDERNYA BAGUS BANGET LOH, ADA LAMBANG UI NYA, NANTI KALAU KALIAN NULIS DI SINI, KALIAN KAN JADI TERMOTIVASI BUAT MASUK UI!! AYO DEK DIBELI, LIHAT TUH BAHANNYA BAGUS LAGI"


........

Ada juga.....

"Sekarang misalnya ada adek nanti yang ga sengaja ngerusakin barang jualan kamu, coba kamu simulasiin kamu bakal ngomong gimana ke dia, tanpa membuat kamu rugi tapi juga tetep ramah,"

Bunuh saja saya, kak.

Wawancara BF pun ga jauh bedanya.


"Coba doong, kamu simulasiin kalau misalnya kamu jadi MC bikun (bis kuning)"

"Er...oke kak. NAH ADEK-ADEK SEKALIAN, COBA LIHAT KESANA, ITU NAMANYA FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA ATAU FIB. DI FIB INI ADA 15 JURUSAN. DI FIB, KAMU JUGA KALAU MAU SERING-SERING KETEMU ORANG ASING BISA LOH! KARENA BANYAK DI FIB."

Ga tau itu MC bikun apa guide kebun binatang.

Selesai wawancara, ga cuma badan gue yang lemes, tapi mental gue juga ikutan lemes. Mana pulangnya karena udah malem, jalanan jadi ga keliatan sama kayak tadi sore. Sistem navigasi gue pun udah agak-agak nge-blur kalau malem. Jadilah malam itu kita nyasar di Teknik.

Untung di teknik. Jadinya seger.

Mana pas di parkiran teknik ada seorang senior cowok yang sedang berjalan sendirian sambil mainin kunci mobil. Tadinya gue sama Maryam pengen nepuk tuh kakak terus nanya. "Kak, boleh nebeng?" sambil nunjuk mobilnya pake ibu jari. 

Tapi alhamdulillah berhasil keluar dari teknik dengan selamat. Sampai di asrama juga dengan selamat. Lumayan banget oprec-oprec kayak gitu jadi pengalaman. Gimana nanti kalau wawancara pekerjaan ya?


ps : pengumuman oprec staff BKUI tadi malem. Alhamdulillah ga keterima :) semoga UI ART WAR keterima deh, amin!!!

0 Words from....:

Post a Comment