Saturday, June 3, 2017

170429 WINGS TOUR IN TANGERANG PART 1

Sebelumnya, saya ingin meminta maaf kepada yang membaca bahwa isi post ini akan banyak berisi pandangan subjektif, kesedihan, keresahan, kefrustasian, dan mungkin beberapa capslock. Saya membuat ini post ini bukanlah untuk membuat beberapa oknum merasa tersinggung. Murni post ini saya buat untuk mengeluarkan semua isi perasaan saya yang sudah selama ini saya pendam.

Terima kasih :)

Hashtag no offense.


Jadi semua ini bermula di Bulan Februari yang cerah, tepatnya tanggal 15 Februari 2017. Gue ga inget karena apa, pokoknya hari itu gue ga ada kuliah dan jadinya pulang ke rumah. Inget banget gue, jam 10 pagi tiba-tiba gue kebangun (hehehe iya baru bangun) dengan perasaan yang resah. Cepet-cepet gue ambil hp dan liat salah satu gc gue kok ya rame banget dan notifnya ga berhenti-berhenti masuk.

Ketika gue buka, kata-kata yang banyak gue tangkap adalah 'BTS', 'INDONESIA' dan 'AKHIRNYA'. 

Akhirnya BTS ke Indonesia?

Berusaha untuk tidak teriak dulu, gue pun langsung buka Twitter, dan.....bener aja.




Seketika badan gue rasanya langsung terbangun semua. Mata gue terbuka lebar. Otak gue langsung berputar cepat. Mulut gue beristighfar tidak ada henti-hentinya.

Ga usahlah ya gue menceritakan dahulu gimana kok bisa suka sama boyband Korea yang satu ini, apa bedanya dengan Suju, EXO, 2PM, bla bla bla yang dulu pernah gue sukain dan nonton konsernya juga. Udah, intinya yang perlu kalian ketahui adalah, gue suka banget sama mereka, gue udah yakin banget mereka bakal ke Indonesia di tahun 2017, so this is it; gue harus nonton.

Setelah meyakinkan diri sendiri sekali lagi bahwa mereka beneran bakal dateng, dan itu bukan hoax, gue langsung bangun, ngambil kalender dan kertas, lalu buat rencana keuangan. Karena gue yakin, konser mereka pasti gak bakalan murah.

Udah tradisinya dari sma, gue kalau nonton konser, paling anti sama yang namanya minta duit ke orangtua. Ya technically uang yang gue pake buat nonton konser selama ini juga dari orangtua, tapi yang udah dalam bentuk diserahkan sebagai uang bulanan kemudian gue tabung lagi sedikit demi sedikit. Maksud gue adalah, minta yang secara blak-blak an "Mah, aku mau nonton konser si ini, beliin dong tiketnya."

Wow, that's not in my dictionary.

Banyak alasannya, tapi sebagian besar karena gue anak yang termasuk ga enakan sama orangtua sendiri kalau udah menyangkut masalah uang. Kayak misalnya, gue ga akan meminta dibelikan suatu barang baru sampai yang lama bener-bener rusak. Se-ga enakan itu gue sama orangtua sendiri kalau menyangkut finansial. HHAHAHAHAHAH

Makanya, mau gimanapun caranya, selama ini gue selalu nonton konser pake duit tabungan sendiri. Gue inget banget, konser kpop pertama yang gue tonton itu Super Show 4 pas kelas 10 sma. Itu uang jajan gue belum seberapa, dan diumuminnya pun mepet banget deh kalau ga salah. 

Akhirnya gue melakukan cara menghemat paling besar-besar selama kurang lebih sebulan? dan berhasil nonton Super Show yang tiketnya seharga 1,4? 1,6? Duh gue lupa, pokoknya antara dua itu. Sejak itulah gue sadar, bahwa hobi per-kpop-an ini telah memberikan sisi positif dan negatif dalam hidup gue.

Positifnya gue bisa termotivasi nyari duit sendiri (karena sejak itu gue memutuskan buat buka olshop wkakak), dan negatifnya...well negatifnya lumayan banyak hahaha tapi ya itu, salah satunya adalah lo bakalan terus-terusan ngabisin duit untuk hal yang sama; dan itu ga murah sama sekali.

Kembali ke soal BTS, sebenernya gue udah denger isu lama semenjak mereka mulai world tour, bahwa mereka pasti bakalan ke Indonesia. Rumor yang gue denger ya akhir tahun, tapi siapa sangka ternyata April mereka udah bakalan ke sini. Hal itu cukup membuat gue panik karena gue masih dengan santainya ngumpulin duit diikuti jajan sana-sini. Akhirnya semenjak hari itu, gue udah bertekad buat menghemat dan nahan dulu segala godaan makan enak atau jalan bareng temen.

It might be sound pathetic, tapi cara menghemat gue adalah dengan masak nasi, bawa bekel dan beli lauk seadanya di kampus. Pagi gue sarapan di kos-an tanpa membeli lauk. Gimana caranya? You don't want to know. Siang baru gue beli lauk (yang biasanya cuma gorengan Mas Roni 2 buah= Rp2000). Terus malemnya...gue ga makan malam dan cuma minum susu sachet-an yang selalu gue stock di kos-an.

Lalu, kita andaikan uang jajan gue sehari Rp30.000 x 30 hari= Rp900.000. Biasanya setengah dari uang bulanan bakal langsung gue potong (gue selalu melakukan ini setiap bulan, bukan cuma buat konser) dan gue masukin atm. Sisanya yang Rp450.000 gue potong lagi Rp150.000 jadilah Rp300.000, maka sisalah uang jajan Rp10.000/hari.

Rp10.000 - Gorengan Rp2000 = Rp8000 pun masuk lagi ke tabungan (atau ga ya buat biaya kebutuhan lain, kayak fotocopy, dll).

That's what I fucking did.

Bukan cara yang sehat sebenernya, gue tahu. Tapi itu juga ga setiap hari selama gue kuliah gue makan dengan gorengan aja. Kadang kalau lagi laper banget gue bakalan lauk yang lebih mengenyangkan atau gue makan malam. But overall, gue pakai cara itu. Ini ga bohong atau melebih-lebihkan. Temen-temen gue sendiri yang jadi saksinya. Kadang mereka suka kasihan sama gue (HAHAHAHAH) dan ga jarang juga nyumbangin gue makanan (TERIMA KASIH MB SHABRINA DAN NOSA).

Gue menghemat dengan cara itu kurang lebih sebulan setengah dan menerima kata-kata seperti, "Ris, lo kurusan ya?"

dan emang pas gue nimbang di rumah, berat gue turun 2kg.

HAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAH ya anggap aja bonus karena saya juga pengen kurus.

Ga cuma nabung, gue juga niatin lagi jualan di olshop. Gue jualin apa aja, gue promosiin terus-terusan. Pokoknya segala cara gue lakukan demi ngumpulin tuh duit buat konser.

Sampai akhirnya pricelist pun keluar di tanggal 1 April......


Gue pun modar liat pricelistnya. Emang sebelumnya ada rumor bakalan nyampe 3 juta, TAPI GUE GA NYANGKA BENERAN KEJADIAN NYAMPE 3 JUTA. Gue langsung pusing. Rasanya pengen nikah aja terus minta ke suami beliin tiket konser.

Karena gue SESUKA itu sama BTS, dulu pas ada rumor konser gue udah niatin, harus, pokoknya harus banget nonton konser mereka yang paling mahal (HAHAHAHAHA) biar bisa lihat mereka secara dekat. Kalau perlu gue menghempaskan diri ke atas panggung deh! Makanya, begitu tau harga paling mahal 3 juta, gue langsung pusing sepusingnya pusing. Ditambah lagi, penjualan tiket dimulai tgl 4 April which is 3 hari setelah tuh pricelist keluar.

Gimana ga tambah pengen nikah gue?

Maka dengan tekad yang sangat kuat, itu uang bulanan April pun gue teken lagi biar makin dikit pengeluaran dan langsung gue masukin atm. Pokoknya Bulan April tuh, masa-masa menabung gue yang paling berat dan mengenaskan.

Sedihnya adalah, gue udah berusaha keras kayak gitu ngumpulin duit, usaha sana-sini, walaupun untung juga ga seberapa, tapi adaaaa aja yang ngomongin. Something like, 'ngapain sih sampai segitunya', 'ga bermanfaat banget', 'freak' and so on. Omongan-omongan kayak gitulah yang gue denger; baik yang gue denger secara langsung ataupun ga, dari temen-temen sekitaran gue sendiri, dll. Hal itu cukup membuat gue sedikit bersedih dan tertekan (INI SERIUS) sampai to the point gue yang udah kesel, capek, sedih dan akhirnya gue pun nangis.

Yes, I cried.

Gue nangisnya sambil menceritakan hal tersebut ke beberapa temen gue. Gue cerita ke mereka, kenapa ada aja orang-orang yang ngurusin urusan gue dengan ngomong kayak gitu? Toh ini juga gue bakal nonton bukan pakai duit mereka, gue ga nyuruh mereka jajanin gue atau apa, gue ga mengganggu ketenangan hidup mereka, tapi kenapa mereka ngurusin hidup gue sampai segitunya? Mereka ga ngerti semua usaha yang udah gue lewatin sampai akhirnya gue berhasil ngumpulin tuh duit dan bisa nonton dengan tiket yang paling mahal.

Gue pikir semua omongan itu bakal berhenti setelah gue udah beli tiket. Nyatanya tuh omongan berganti jadi dikatain 'sombong'.

Oh my God....

Di situ gue udah ga paham lagi. Gue ga pernah gembar-gembor sebelumnya bahwa gue pengen nonton konser BTS dengan tiket paling mahal, karena gue sendiri pun lagi berusaha mengumpulkan duitnya. Terus ketika tiketnya udah kebeli, dengan enaknya gue dikatain sombong, seolah-olah tuh tiket gue beli ga pake usaha gue sendiri.

Gue saat itu udah bener-bener capek sama omongan orang-orang di sekitar gue yang ga mengerti sama sekali. Untungnya masih banyak temen-temen gue yang gue ceritain, tau semua usaha yang udah gue lakukan dan masih menghibur gue serta menyarankan untuk tidak mempedulikan omongan-omongan tersebut.

Walaupun begitu, hal ini sempat menjadi beban pikiran buat gue. Karena sebelumnya pun gue ga pernah mengeluarkan uang sampai sebesar itu buat nonton konser. Bahkan bokap gue yang pas tau harga konsernya pun sampai bertanya dengan sangat kaget kenapa ga beli yang 1jt aja. Nyokap gue sih yaaa ngasih izin aja selama emang duitnya ada.

See, bahkan orang tua gue sendiri ga mempermasalahkan dengan besar, kenapa justru orang lain lah yang memusingkan urusan gue?

Alasan gue menceritakan hal ini ga cuma berlaku buat konser, tapi juga buat orang-orang di luar sana yang masih aja nyinyirin temennya yang suka beli merchandise berhubungan dengan idolanya; dan gue ga cuma berbicara tentang kpop di sini. Semua orang punya hobi yang berbeda-beda, semua orang mempunyai caranya masing-masing dalam menghabiskan duit. Duit gue habis buat beli nonton konser? Beli album? Sedangkan duit lo habis buat jalan? What's the differences? Hanya karena uang gue dihabiskan untuk sesuatu yang ga sama dengan interest orang lain, ga menjadikan cara orang lain dalam menghabiskan duit lebih 'bermanfaat' dibandingkan gue.

Jadi, buat yang baca ini dan merasa pernah mengatakan sesuatu yang ga mengenakan ke temennya berkaitan hobi dia, please stop, or at least keep your opinion to yourself unless you can tell it in something like, in a good way; not in nyinyirin way. Cerita ini pun bukan hanya gue yang mengalami, tapi temen-temen gue pun ada yang mengalami. Jadi ya, ini emang mungkin personal matter; subjektif, seperti yang gue katakan di awal, tapi bukan berarti ada yang ga bernasib sama dengan gue.











BERSAMBUNG KE PART 2

0 Words from....:

Post a Comment