Saturday, September 19, 2015

Saya Pulang Kampung #4

Semester 3 sudah dimulai.

Bahasa Korea semakin sulit dihadapi saja rasanya.
Olimpiade UI sebentar lagi, sudah mulai ada pre-event, jobdesc mulai kembali bermunculan dan jadwal rapat mulai ada minggu depan.
Ditambah menyeimbangkan dengan kehidupan sosial maka semester sibuk pun kembali datang. Maafkan karena saya (kembali) menelantarkan blog ini.

Padahal, jadwal kuliah gue bisa dibilang ga sepadat semester kemaren. Tapi tugasnya itu looooooh, ada aja setiap minggu.

Ada mata kuliah baru namanya Kebudayaan Indonesia, dan itu dosen nya dapet dosen filsafat dan beliau sangat strict dan sepertinya tipe-tipe yang bakalan ngasih tugas setiap minggu.

Ada juga matkul baru buat semester 3, namanya A History of Korean Literature. Pelajarannya seru, dosennya juga asik; cuma sayang buku pengantarnya ga ada yang berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, jadilah kita pake yang Bahasa Korea dan itu sama dosen nya harus dipelajari bener-bener, which means diterjemahkan.



Tugas buat minggu depan.

Mau menikah saja rasanya.


Tapi ya di sela-sela tugas yang menumpuk ga ada salahnya buat kembali flashback.

Masih dengan cerita Korea (yang gue harap belom basi dan semoga gue juga masih inget) bulan Agustus kemaren. Kali ini gue mau cerita jalan-jalan random aja ke beberapa tempat.

Salah satu yang khas dari Korea Selatan adalah banyaknya cafe-cafe di pinggir jalan. Gue pernah menuliskan kekaguman gue akan banyaknya cafe-cafe di Korea di IG, dimana sampai menurut gue sendiri, setiap lo berjalan 3 atau 5 langkah, lo akan menemukan cafe.

Gue ga bohong. Ini beneran. Saking banyaknya cafe di Korea.

Banyaknya cafe rasanya bagaikan surga buat orang-orang macam gue yang mencintai ketenangan, perlu space dan waktu sejenak untuk berpikir dan merenungi hidup #tsah

Apalagi buat orang yang suka nulis, gue membayangkan seandainya gue tinggal di Korea maka gue bisa kapan saja ke cafe terdekat, bawa laptop, pesen kopi dan nulis ditemani suasana malam yang damai dan musik yang mengalun lembut di pojok ruangan cafe.

Indah sekali, bung.

Sayangnya, di Tangerang dikit banget ada cafe macam begitu (atau malah gak ada sama sekali???), seandainya ada cafe pun ya paling ada di dalam mall. Jakarta ada sih banyak cafe, tapi yha jauh banget dari rumah gue, perlu naik KRL atau busway dulu dan bertarung melawan ibu-ibu habis dari Tanah Abang atau orang-orang yang habis kerja. Yang ada begitu sampai cafe, gue udah 'lecek' duluan. Gimana mau dengan tenang dan nyaman menulis?

Dalam waktu sebulan, gue pun mempunyai rencana untuk mengunjungi cafe-cafe di Korea yang terkenal. Bukan berarti gue ga mau ke cafe biasa, tapi waktu gue terbatas, jadilah mau mengunjungi yang 'punya nama' dulu aja.

Ide ini juga disambut antusias oleh temen Cibubur gue, yaitu Shabrina. Makanya, karena dia ga punya jobdesc apapun selama di Korea, kehormatan menjadi PJ cafe pun gue serahkan pada Shabrina. Dari nyari alamat di internet sampai nyari jalan.

Yang pertama, ada Kamong Cafe. Cafe ini masuk dalam list kita karena yang buat adalah kakak perempuan nya EXO KAI. Gue ga begitu inget dimana, tapi yang jelas jalannya lumayan jauh, ditambah gerimis pula waktu itu.

Ekspetasi kita tinggi. Karena banyaknya fans yang kabarnya sering dateng ke sana. Gue pikir cafe nya bakalan 'wah'.

Taunya,




biasa aja.



Biasa banget.


Atau mungkin faktor karena lagi rame banget, jadi kesan yang gue dapatkan adalah 'sesak' dan tempatnya jadi kerasa 2x lebih kecil. 

Kita bertiga (gue, Kiky, Shaber) sempet bengong dulu lama, yang kayak shock gitu karena ga sesuai ekspetasi. Ditambah hampir ga ada tempat duduk kosong. Mau keluar juga males karena di luar udah mulai gerimis lebat (?).

Akhirnya ga beberapa lama kemudian, kita naik ke lantai 2 nya dan dapet tempat duduk pas banget deket projector. Tadinya rencana kita kalau mau nongkrong di cafe ya pesen yang murah aja macam cuma minuman gitu, tapi karena udah capek dan lokasinya jauh juga, kita sekalian juga pesen waffle.


Dan kita cuma beli 1 waffle + 1 minuman untuk bertiga.

Oh, the joy of menghemat.



Muka sok-sok bahagia

Padahal menderita


Dan ya emang bener banyak fans EXO yang dateng kesana. TAPI BANYAK BANGET. Dan pada bawa atribut EXO gitu-gitu sampai-sampai kita jadi ngerasa bahwa Kamong cafe itu ternyata tempat alay nya fans EXO.

Buat minuman dan waffle nya yha lumayan lah, standar beverage cafe gimana sih. Cuma lumayan mahal jadi gue saranin kalau kesana patungan aja. Lagian size waffle nya lumayan gede kok.





Habis dari Style Nanda juga ceritanya, cie


Lanjut!

Cafe selanjutnya adalah cafe dari anggota Super Junior. Walaupun gue bukan ELF lagi, tapi gue merasa cafe-cafe dari mereka masih patut untuk dikunjungi karena, kapan lagi?

Yang kedua namanya Kona Beans. Cafe ini dulunya hasil kerjasama Leeteuk, Sungmin sama Kyuhyun. Tapi gue denger-denger habis itu Kyuhyun Sungmin drop jadilah tinggal Leeteuk yang mengurus.

Actually, menurut testimoni fans yang sering kesana, ibu nya Leeteuk lah yang sering ada di cafe. Di jalan menuju kesana, gue ga terlalu musingin siapa yang mau ada karena tujuan gue pun buat sekedar tau cafe nya aja kayak gimana. Beda sama Kiky yang kayaknya sepanjang jalan ngebet abis pengen ketemu dan foto bareng nyokapnya Leeteuk.

Begitu sampai gue kaget karena lingkungan cafe nya ada di tempat yang kayaknya tuh ga terlalu banyak dikunjungi orang-orang. Dan begitu masuk pun cafe nya nyaris kosong, malah kayaknya cuma kita bertiga dan ada 2 orang lainnya yang jadi customer waktu itu.

Begitu masuk kita disambut sama wanita setengah baya (ini kenapa bahasa gue gini banget). Awalnya kita ga terlalu peduli sampai pas udah duduk, gue lagi sibuk liat-liat interior cafe (yang kebanyakan foto-foto Super Junior dan Leeteuk), tiba-tiba si Kiky dan Shaber ribut sendiri apakah wanita yang tadi menyambut kita adalah ibunya Leeteuk??

Mereka berdua pun sibuk buka hp dan cari internet untuk nyari tahu tampang wajah sebenernya ibunya Leeteuk. Ga beberapa lama kemudian mereka heboh (Kiky sih yang paling heboh) lagi karena bener itu yang tadi adalah ibunya Leeteuk. Gue yang jadi ikutan kepo, bareng Kiky dan Shaber jadi sering curi-curi pandang ke arah ibunya Leeteuk yang lagi anteng nonton tv. Dan setelah kita memperhatikan baik-baik, emang ada banyak kemiripan antara Leeteuk sama ibunya itu.

Karena waktu itu udah malem, dan gue takut kita nyampe asrama bahagia kemaleman, akhirnya kita cuma pesen minuman, dan nongkrong di sana pun ga lama-lama banget. Sayangnya sebelum Kiky memberanikan diri buat minta foto bareng, ibunya Leeteuk udah keburu pergi dari cafe itu.





Masih dari cafe punyanya anggota Super Junior juga, kali ini yang pergi cuma gue dan Shaber karena Kiky lagi sendirian sibuk nonton B1A4 di Seoul Land. Cafe yang selanjutnya namanya Mouse Rabbit kepunyaan Yesung.

Percaya atau engga, tapi Mouse Rabbit adalah satu-satunya cafe yang udah pengen banget gue kunjungin dari tahun 2013 pas dulu pertama kali ke Korea. Cuma ga kesampean karena ga ada waktu.

Mouse Rabbit ini lokasinya termasuk di bagian wilayah ramai karena deket sama universitas (gue lupa univ apa tapi). Lucunya, cafe nya sendiri tempatnya kayak masuk gang kecil gitu, yang kalau lu ga ngeh ga bakalan keliatan. Jadi pastikan direction yang kalian cari itu udah bener dan lengkap #tsah

Karena itu kita pergi ke Mouse Rabbit udah masuk minggu terakhir, dimana uang sudah mulai menipis, jadilah Shaber ga beli apa-apa. Cuma gue yang beli HAHAHAHAH tapi untungnya ada air putih gratis jadi Shabrina ya ga bengong-bengong amat lah. Tempatnya enak sih, cozy, minumannya juga enak. Cuma ya lagi rame jadi suasana cafe tenang nya ga dapet. Mau foto-foto pun susah karena banyak orang.


Green tea latte nya supeeeerrrr!!!


Gue ga tau yang selanjutnya ini masuk hitungan atau engga karena kita foto-foto doang tanpa duduk dan mesen HAHAHAHA.

Jadi, ada cafe terkenal juga di Korea namanya Hello Kitty Cafe yang terletak di Hongdae. Sebenernya dulu pun pas 2013 gue udah pernah juga ke tuh cafe. Ga sengaja ngeliat tuh cafe pas jalan keluar, karena dulu hostel gue kan emang di daerah Hongdae. Cuma karena masih pagi dan udah nyusun jadwal lain, akhirnya gue foto doang depan tuh cafe.


2013

Sedikit flashback

Maka kali itu ketika gue ke Hongdae dan gue udah pede banget bakalan nemuin tuh cafe dengan gampangnya, gue kaget, karena di tempat yang gue yakin banget dulu adalah Hello Kitty Cafe udah berganti jadi cafe lain. 

Akhirnya kita pun ke Tourist Information dan si Shaber dengan berani menanyakan lokasi tuh cafe. Ternyata emang Hello Kitty Cafe baru aja pindah tempat ke tempat baru. Sempet ragu buat masuk apa engga pas udah ketemu cafe nya, karen kita bertiga pun ga ada yang pengen banget-banget gitu. Apalagi gue, karena gue benci warna pink. 

Iseng, kita masuk dan ngeliat price list beverages nya yang ternyata sangatlah mahal. Akhirnya kita keluar lagi HAHAHAHAHA.

Ya itulah kenapa akhirnya kita cuma foto doang di depannya.










Dan hari itu juga hari pertama dan terakhir kita banget ke Hongdae karena yhaa...Hongdae masih sama seperti 2 tahun lalu; masih ramai dan rasanya terlalu hectic buat kita. Tapi lumayan gue dan Kiky sempet ketemu dan foto sama pacar.


Tambah adem deh deket AC walaupun di luarnya.

My love from another country

"Don't touch me!" kata si kucing sambil mengalihkan pandangan.

Ada sedikit cerita dari Shabrina berkaitan dengan gambar di atas. Jadi Shaber ini begitu sampai di Korea, terobsesi sekali sama yang namanya kucing Korea. Awalnya gue bingung dan bertanya-tanya, lah kan di Indonesia juga banyak kucing?? Tapi kemudian Shaber ini menjelaskan bahwa kucing Korea tuh gendut-gendut, lucu dan gemeshin.

Awalnya pula gue menganggap angin lalu omongan Shaber itu. Sampai lama-lama gue perhatikan, bahwa di Korea ini emang jarang banget ada kucing liar berkeliaran. Sekalinya ada, bener kata Shaber, gendut banget!

Semenjak itu kalau ga sengaja liat kucing kita akan refleks meneriakkan nama Shaber, "BER! BER! ITU BER ADA KUCING BER!" yang akan dibalas dengan Shaber, "HA MANA MANA??!!" sambil ngeluarin hp siap-siap buat ngefoto tuh kucing.

Dan pas di Hongdae itu, ga sengaja ada abang-abang yang jualan cemilan korea jaman dulu + gelang. Tapi si abang jualan sambil gendong-gendong kucing dan ada anjing gede juga di deket kakinya. Akhirnya si Shaber yang ga sengaja liat, berhenti buat beli cemilannya dulu dan pas bayar - tanpa malu-malu - langsung mengelus kucing si abangnya.

Mungkin abangnya kesel sama Shaber karena sudah dengan seenaknya menyentuh kucing kesayangan dia, tuh abang ga beberapa lama kemudian pergi sambil gendong kucingnya (loh terus dagangannya gimana?).



Lanjut lagi ini kali ini kita bertiga ke cafe yang gedean dikit (?). Maksud gue adalah kita kali ini ga ke cafe yang cuma sekedar jualan minum, makanan kecil-kecil gitu. Kita ke cafe yang jual patbingsu! Yay! Tempatnya terletak di kawasan anak gahol Korea juga, yaitu di Garosugil. Nama tempatnya adalah 설빙 (Seolbing).

Ga banyak yang bisa gue ceritakan selain rasanya patbingsu nya anjir parah enak sekali. Beda banget sama patbingsu yang ada di Indonesia! Dan variasi rasanya pun ada banyaaaaaak. 



The real definition of happiness

Berusaha makan dengan cantik.

Thanks for the polaroid, Kiky!


Terakhir adalah cafe yang paling gue sayang, cafe yang ga akan pernah bosen gue datengin seandainya gue bisa ke Korea lagi, cafe paling hitz di kalangan foreigners atau yang suka main Youtube, apalagi kalau bukan You Are Here Cafe punyanya Simon dan Martina atau biasa yang sering dikenal sebagai Eat Your Kimchi.

Kenapa cafe ini lumayan terkenal di kalangan foreigners? Karena yang buat dan yang punya pun foreigner. Mereka terkenal lewat akun youtube mereka eatyourkimchi

Dan cafe mereka pun bukan cafe biasa karena, saudara-saudaraku, they have this speaker's corner in their cafe. Jadi speaker's corner ini adalah tempat (literally beneran di pojokan) lo bisa ngomong apa aja berkaitan dengan suatu topik yang lagi hits. Biasanya topiknya ada mereka cantumin di corner tersebut. Kerennya adalah mereka punya alatnya yang bisa merekam lo langsung. Aaaaah pokoknya keren!!

Kita bertiga nyoba ngomong di Speaker's Corner juga, sayangnya punya kita bertiga ga masuk ke video topik waktu itu wkakakaka ya lagian kita juga waktu itu ngomong udah ngasal banget. Tapi gak apa-apa! Gue tetep seneng karena bisa ngerasain. Anyway ngomongnya terserah, boleh pake Bhs. Inggris atau Korea.








Topik sulit. Kita bukan ngomong yang ini.





Actually gue pergi ke cafe ini 2x. Kenapa harus 2x? Karena kedatangan kita yang pertama bisa dibilang amat sangat gagal total. Jadi begini ceritanya....

Hari itu hujan deras banget di kawasan Hongdae. Emang Korea tuh kalau lagi musim panas malah seringnya hujan deras. Nah, Shaber sebagai PJ cafe, sebenernya udah bilang dari sebelum kita berangkat bahwa dia pas nyari You Are Here Cafe itu pas di Indonesia dan dia udah lupa banyak.

Gue pikir, 'ah yaudahlah, paling nanti juga dia inget kalau udah sampe di exit stasiun keretanya'. Taunya, si Shabrina ini nih ya cuma inget exit stasiun nya, habis itu dia lupa total. Dan kita sudah dalam keadaan keluar stasiun, lagi hujan deras banget yang walaupun pake payung tapi masih kepercikan air gitu, sepatu juga basah. Pokoknya mood udah berantakan.

Akhirnya kita jalan dikit berusah nyari wifi karena kata Shaber ada video direction buat ke cafe nya gitu. Dan hp gue pun ga beberapa lama kemudian berhasil menangkap sinyal wifi dari Dunkin Donuts tanpa masuk ke dalamnya. Dengan sabar, kita buka videonya, tonton bentar, pengennya ngeliatin video pas sambil jalan, tapi baru inget kalau udah jalan nanti video nya gak ke buffer, akhirnya balik lagi dan nunggu sampe video nya ke buffer semua baru jalan nyari cafe nya.

Karena video nya ada di hp gue, jadilah gue jalan di depan yang menuntun mereka. Jujur, gue agak kzl sama si Shabrina ini nih karena harusnya dia yang jadi PJ cafe dan bertanggung jawab sama direction-direction cafe HAHAHAHAHHA. Dasar kamu ya Shabrina.

Setelah beberapa menit jalan, akhirnya ketemulah kita sama cafe nya. Pokoknya udah capek banget, lelah, pengennya langsung duduk. Tapi badan udah ga nyaman juga karena agak basah, apalagi sepatu juga udah basah banget. Mood kita semua jelek pokoknya.

Kita pun mesen dengan cepat dan nunggu sambil berusaha menenangkan pikiran dan hati. Karena ga tau pesenannya nanti bakal dianterin apa engga, sedangkan kita maunya makan di lantai atas, kita pun nunggu tuh pesenan di deket kasir biar nanti dibawa sendiri.

Pas pesenan kita udah dipanggil, kita bawa sebentar ke meja kecil gitu karena kita mau pake tas dan ngambil payung, entah ada apa, entah angin hujan berhembus masuk ke dalam cafe nya apa gimana, entah hari itu emang hari sial kita apa gimana, tapi tiba-tiba................







nampan yang isinya pesenan kita jatuh.








Jatuh. J-A-T-U-H.


Dengan suara kencang piring ke lantai. Untungnya minuman beda nampan.





Terjadi keheningan yang amat sangat panjang di cafe. Semua pengunjung lantai 1 ngeliat ke arah kita. Kita diem. Kita bengong. Kita ga tau harus apa. Waktu itu yang rasanya terdengar hanyalah suara derasnya hujan di luar sana.

Setelah beberapa detik berlalu, akhirnya kita sadar dan dengan cepat berusaha mengambil makanan (roti btw) sebelum 5 menit #tetep. Hal yang paling gue syukuri waktu itu adalah UNTUNG PIRINGNYA GA IKUTAN PECAH. TAPI TETEP AJA, MALUNYA ITU LOH.

Lagi ribet mungutin rotinya, kita didatengin sama pelayan ceweknya, dan dengan baik hati (juga dengan muka tidak yakin) dia nanya apa kita baik-baik aja.

Rasanya pengen gue jawab, "YA SAYA SIH BAIK-BAIK AJA MBA, TAPI RASA MALU SAYA SAMA MAKANAN SAYA YANG GA BAIK-BAIK AJA," tapi ga jadi karena gue ga tau Bahasa Korea nya gimana.

Akhirnya pas tuh roti udah terkumpul kembali (walaupun acak-acakan) di atas piring, kita udah siap-siap mau naik ke lantai 2 sambil nahan malu, pelayan cewek tadi nahan kita dan nawarin buat ngeganti rotinya. Kita bingung. Sebenernya itu kan salah kita, gak diganti juga sebenernya fine-fine aja karena belum 5 menit #tetep.

Tapi ngeliat muka mbak nya, akhirnya kita mengiyakan dan digantilah tuh roti.

Belum selesai sampai disitu, jadi gue dan Shaber masing-masing pesen paketan gitu, jadi roti + Americano dengan harga yang lumayan murah. Sdangkan Kiky minuman doang.

Gue sebagai pecinta kopi, udah tau Americano itu emang pait banget, cuma kayaknya Shabrina yang ga tau. Jadi pas pertama dia nyobain Americano nya, dia kaget, dia kesal dan dia sedih karena ternyata Americano itu pait banget. Dan akhirnya tuh Americano dikasihkan ke gue. Ya gue sih oke-oke aja. Lumayan malah.

Pokoknya kunjungan pertama itu gagal abis.

Akhirnya, bertepatan dengan Kiky yang sendirian nonton B1A4 ke Seoul Land, gue dan Shabrina melanjutkan cafe hunting kita, dan sekali lagi kita berkunjung ke You Are Here Cafe dengan harapan semuanya berjalan lancar. 

Dan Alhamdulillah, emang berjalan lancar.









Kunjungan pertama : 2 Americano pahit.

Kunjungan kedua : Greentea dan Sweet Potato




Bonus foto jalan Garosugil :




0 Words from....:

Post a Comment